KEPENGEN BANGET NIKMATIN LEBARAN

oleh : Wiarsih Asikin


          PAS masuk sekolah di hari pertama, Badrun kaget lantaran pas jam istirahat, dua teman sekelasnya ngeloyor ke kantin. Padahal, setau Badrun, di saat Ramadhan, sekolah ngeluarin larangan berdagang. 
          " Lantas, ngapain mereka ke kantin?" Tanya Badrun dalem ati.
          Lantaran penasaran, diam diam Badrun mengikuti langkah kedua temennye yang keliatan bergerak cepet. Badrun nyang mindik mindik supaye kagak tengsin, ketauan, akhirnye ngeliat Dodo ngeluarin makanan dari kantongnye. Begitu pun si Somad. Setelah pelarak pelirik ke berbagai arah, kedua temennye buru buru buka snack yang mereka bawa dari rumah.
         Saat keduanya yang meski makan tergesa gesa tapi asyik menikmati makanan yang dibawa, tanpa ragu Badrun menghampiri Dodo dan Somad.
         "Asyik banget kalian makan?" Kata Badrun.
         Tentu aje kedua temennye kaget. Cuma, meski punya niat menyembunyikan kelakuan, keduanya cuma berhasil menyembunyikan makanan mereka ke kantong masing masing. Sedangkan nyang di mulut, meski keduanya berusaha nggak meneruskan kunyahannya, tak bisa mereka sembunyikan. 
          "Nggak usah malu lah kalau memang nggak puasa. Gue nggak bakal ngelaporin ke pak guru, kok," kata Badrun kemudian.
           Badrun bilang begitu, lantaran kasihan pada dua temannya yang setelah disapa Badrun, nampak kebingungan. Gimana nggak bingung? Mau ngejawab, takut makanan di mulut berjatuhan, sedangkan jika tak menjawab, mereka hanya bisa mingkem dengan kedua pipi tembem, dan sama sekali tak bisa bicara.
           Setelah bergegas menelan makanannya, Dodo dan Somad yang kemaluan, serempak bertanya.
           " Memangnye lo masih puasa?"
           "Insya Allah... soalnya, aku kepingin menikmati suasana lebaran dengan hati bersih" Sahut Badrun.
           " Maksud kamu tuh apa sih?" Keduanya kembali serempak bertanya
           " Kata ibu gue, kalo kita berlebaran harus dengan hati bersih. Jadi, puasa selama Ramadhan tidak boleh batal dan harus diusahakan agar cuma tidak memperoleh haus dan lapar"
           " Jadi, kalo puasa gue batal, gue nggak boleh ikutan lebaran?" Tanya Somad
           " Gue juga nggak boleh ikutan lebaran, dong" Kata Dodo
           "Kayaknya, nggak ada larangan buat ikut menikmati lebaran, deh. Cuma, ibu gue bilang, kalo mau asyik nikmati indahnya lebaran, harus puasa penuh. Selama puasa harus bisa melawan hawa nafsu. Kalo nggak begitu, sebetulnye batin kita nggak bisa menikmati indahnya suasana hari lebaran, meski di hari itu kita memakai pakaian dan sepatu baru"
           "Tapi kalo di rumah gue sih tetap puasa, kok." kata Dodo yang sebenernye nyesel atas ulahnya yang di saat berpuasa, malah memanfaatkan kantin yang kosong untuk menikmati makanan yang dibawanya dari rumah.
           "Gue juga begitu, Drun. Di rumah, gue tetep bilang puasa kok. Sebab, enyak gue bilang, kalo gue puasa tanpa bolong, selain dibeliin sepatu sama baju baru, juga dikasih hadiah buat piknik ke taman impian"
           " Naaah... kalau kalian berkata seperti itu, artinya kalian bukan cuma membohongi orangtua. Tapi juga membohongi diri sendiri. kenapa kalian tidak jujur saja?" 
            Dodo dan Somad tercengang.
            Tak menyangka kalau Badrun malah mengatakan mereka telah berbohong.
            "Memangnya berbohong itu, dosa yaa?" Tanya Somad
            "Dosa apa nggak Sih, Drun?" Tambah Dodo
            " Waah, kalau soal dosa atau nggak, kayaknya mesti nanya dulu ke ibu gue, deh. Cuma, kalau nanti jawabannya yang kalian lakukan termasuk perbuatan dosa, kalian harus minta maaf sama orangtua dan berjanji tidak mengulanginya. Mau kan kalian melakukan hal itu?" kata Badrun
            Dodo dan Somad saling pandang.
               

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "KEPENGEN BANGET NIKMATIN LEBARAN"

Post a Comment